BAB II
KECERDASAN OTAK
A. Pengertian
Kecerdasan Otak
Kecerdasan atau inteligensi, dalam bahasa inggris
disebut dengan intelligence. Banyak
definisi tentang inteligensi telah dikemukakan oleh para ahli, namun kami hanya
akan mengemukakan beberapa diantaranya[1].
1.
Inteligensi
menurut Super dan Cites
Super dan Cites mengemukakan suatu definisi yang
sering dipakai oleh sementara orang sebagai berikut:
“intelligence
has frequently been defined as the ability to adjust to the environment or to
learn from experience.”
Inteligensi telah sering didefinisikan sebagai
kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan atau belajar dari pengalaman.
Super dan Cites mendefinisikan inteligensi dengan
menempatkan manusia sebagai makhluk sosial. Hidup manusia dituntut untuk
melakukan interaksi dengan sesama manusia, sebagai proses sosial. Maka dari itu
manusia harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan demi
kelestarian hidupnya. Hidup manusia bukan hanya untuk kelestarian pertumbuhan.
Tetapi juga untuk perkembangan pribadinya. Untuk itu manusia harus belajar dari
pengalamannya.
2.
Inteligensi
menurut Garrett
Dari definisi di atas menurut Garrett dipandang
sebagai definisi yang kurang tepat, sebab definisi tersebut terlalu luas. Oleh
karena itu, Garrett mengemukakan definisi inteligensi yang lebih oprasional,
yaitu:
“intelligence
includes at least the abilities demanded in the solution of problems which
require the comprehension and of symbols.”
Inteligensi itu setidak-tidaknya mencakup
kemampuan-kemampuan yang diperlukkan untuk pemecahan msalah-masalah yang
memerlukan pengertian serta menggunakan symbol-simbol.
Perjalanan kehidupan manusia selalu dihadapkan
dengan permsalahan-permasalahan, baik itu rumit maupun mudah. Pada setiap permasalahan
yang dihadapi, manusia harus memiliki pemecahannya agar manusia memperoleh
keseimbangan dalam hidup. Oleh karena itu, manusia memerlukan
kemampuan-kemampuan memecahkan permasalahan dengan menggunakan pengertian serta
symbol-simbol.
3.
Inteligensi
menurut Bischof
Jika Garrett mendefinisikan dengan oprasional,
Bischof merumuskan inteligensi dengan definisi yang lebih luwes, yaitu:
“Intelligence is
the ability to slove problems of all kinds.”
Inteligensi ialah kemampuan untuk memecahkan segala
jenis masalah.
4.
Inteligensi
menurut Heidenrich
“Intelligence
refers to the ability to learn and to utilize what has been learned in
adjusting to unfamiliar situations, or in the solving of problems.”
Inteligensi menyangkut kemampuan untuk belajar dan
menggunakan apa yang telah dipelajari dalam usaha penyesuaian terhadap
situasi-situasi yang kurangdikenal, atau dala pemecahan masalah-msalah.
Manusia yang belajar sering dihadapkan pada
situasi-situasi baru serta permasalahan. Dari itu manusia memerlukan kemampuan individu
yang belajar dari pengalaman untuk menyesuaikan diri serta memecahkan setiap
permasalahan yang dihadapi.
Kemudian
mengenai otak. Otak merupakan benda berwarna putih lunak yang terdapat di dalam
rongga tengkorak yang menjadi pusat saraf[2].
Otak adalah jaringan yang mmpu mengkoordinasikan seluruh yang
terjadi di dalam tubuh kita, kepribadian, metabolisme, tekanan
darah, emosi, hormon, serta ingatan[3]. Otak manusia adalah satu alat di dalam tubuh, yang disamping
berfungsi menerima kenyataan dari segala peristiwa dan keadaan di luar badan,
juga digunakan untuk: mengingat apa yang pernah dialami, berpikir, merasa,
berbicara, menulis, bermain musik, menggambar, bermimpi, mencintai dan
menderita[4].
Jadi kecerdasan
otak adalah kemampuan otak dalam hal merasa, mengingat dan berfikir untuk mengenali pengalaman yang dihadapi dan belajar dari
setiap pengalaman yang telah dihadapi agar dapat menyesuaikan diri dengan
lingkungan.
B.
Lima
Bagian utama Otak Manusia
Otak
mempunyai lima bagian utama, yaitu: otak besar (serebrum), otak tengah
(mesensefalon), otak kecil (serebelum), sumsum sambung (medulla oblongata), dan
jembatan varol. Kelima bagian otak akan kami paparkan sebagai berikut:
1.
Otak besar (serebrum)
Otak besar mempunyai fungsi dalam
pengaturan semua aktifitas mental, yaitu yang berkaitan dengan kepandaian
(intelegensi), ingatan (memori), kesadaran, dan pertimbangan[5].
Otak besar merupakan sumber dari semua
kegiatan/gerakan sadar atau sesuai dengan kehendak, walaupun ada juga beberapa
gerakan refleks otak. Pada bagian korteks[6]
serebrum yang berwarna kelabu terdapat bagian penerima rangsang (area sensor)
yang terletak di sebelah belakang area motor yang berfungsi mengatur
gerakan sadar atau merespon rangsangan. Selain itu terdapat area asosiasi yang
menghubungkan area motor dan sensorik. Area ini berperan dalam proses belajar,
menyimpan ingatan, membuat kesimpulan, dan belajar berbagai bahasa. Di sekitar
kedua area tersebut adalah bagian yang mengatur kegiatan psikologi yang lebih
tinggi[7].
Misalnya bagian depan merupakan pusat proses berfikir (yaitu mengingat,
analisis, berbicara, kreativitas) dan emosi. Pusat penglihatan terdapat di
bagian belakang.
2.
Otak tengah
(mesensefalon)
Otak tengah terletak di depan otak kecil
dan jembatan varol. Di depan otak tengah terdapat talamus dan kelenjar
hipofisis yang mengatur kerja kelenjar-kelenjar endokrin. Bagian atas (dorsal)
otak tengah merupakan lobus optikus yang mengatur refleks mata seperti
penyempitan pupil mata, dan juga merupakan pusat pendengaran[8].
3.
Otak kecil
(serebelum)
Serebelum mempunyai fungsi utama dalam
koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar, keseimbangan, dan posisi
tubuh. Bila ada rangsangan yang merugikan atau berbahaya maka gerakan sadar
yang normal tidak mungkin dilaksanakan[9].
4.
Jembatan varol (pons varoli)
Jembatan varol berisi serabut saraf yang
menghubungkan otak kecil bagian kiri dan kanan, juga menghubungkan otak besar
dan sumsum tulang belakang[10].
5.
Sumsum sambung (medulla oblongata)
Sumsum sambung berfungsi menghantar impuls
yang datang dari medula spinalis menuju ke otak. Sumsum sambung juga
mempengaruhi jembatan, refleks fisiologi seperti detak jantung, tekanan darah,
volume dan kecepatan respirasi, gerak alat pencernaan, dan sekresi kelenjar
pencernaan[11].
C.
BELAHAN-BELAHAN
OTAK
Otak manusia mengandung tidak
kurang dari 1011 neuron (sel otak)[12].
otak manusia akan senantiasa berkembang berikut sel-selnya sebelum seseorang
berusia 50 tahun, dan pada usia tersebut sel otak tidak berkembang lagi.
Semakin sering otak bekerja, maka semakin cepat pula pertumbuhan selnya secara
normal otak manusia memilki berat 1500 gram dan merupakan terbesar dari semua
otak makhluk hidup[13].
Roger
W. Sperry, berdasarkan penelitiannya menemukan bahwa otak manusia memiliki
pengkhususan fungsi pada belahan otak kanan dan kiri, sehingga menyebabkan
masing-masing otak mempunyai tugas yang berbeda satu sama lainnya[14].
Perbedaan fungsi kedua belahan otak atau hemisfer tersebut dapat dilihat di
bawah ini:
1.
Hemisfer Kiri
Ø lebih
mempunyai representasi-representasisensoris dan motoris.
Ø lebih
bisa mengolah informasi temporal (informasi mengenai jangka waktu, yang berhubungan
dengan tekanan dan penghentian) dan dengan ini ia lebih canggih dalam
penangkapan pola-pola bicara.
Ø Dalam
hal pengaturan waktu, member urutan pada sesuatu dan soal-soal pembagian,
hemisfer kiri mengambil peran lebih besar.
Ø bekerja
lebih analitis, lebih memperhatikan detail.
Ø bereaksi
kepada penjelasan dan instruksi verbal.
Ø kurang
mahir dalam hal menangkap bahasa gerak.
Ø lebih
suka berbicara dan menulis.
Ø mencoba
secara sistematis dan terkendali.
Ø perasaan
terkendali.
Ø lebih
suka memakai logika dalam menyelesaikan masalah.
2.
Hemisfer
Kanan
Ø lebih
luas asosiasi visualnya.
Ø berfungsi untuk penyadaran dan pengenalan
pola-pola. Di bidang auditif, ini berarti penyadaran dan pengenalan polapola
nada, misalnya mengenal pola music.
Ø berperan
penting dalam mengenal gambar, membayangkannya secara mental, juga mengolahnya di
ruang
Ø mempunyai
konsentrasi noradrenalin yang dapat mempengaruhi pengarahan perhatian dan
serotonin lebih besar yang berperan aktif dalam menentang depresi dan perasaan
takut.
Ø memberi
reaksi terhadap contoh, ilustrasi, dan symbol.
Ø simbol
dan bentuk dipakai untuk menata logika.
Ø melukis
dan mengatur benda.
Ø mencoba
secara acak dan longgar.
Ø bebas/
spontan dengan perasaan.
Ø mahir mengerti symbol.
Ø intuisi
dipakai untuk menyelesaikan masalah.
Selain
perbedaan fungsi otak diatas, terdapat pula perbedaan fungsi otak kiri untuk
mengontrol bagian badan sebelah kanan, sementara otak kanan berfungsi
menguntrol bagian badan sebelah kiri. Akan tetapi tidak ada jaminan adanya
ksamaan antara kedua bagian otak tersebut dalam menangkap dan
mentransformasikan sebuah informasi. Otak kanan akan lebih dominan ketimbang
otak kiri dalam mentransformasikan informasi yang sifatnya non verbal, seperti
perhatian, persepsi, dan pengertian. Otak kiri akan lebih dominan dalam
mentransformasikan informasi yang sifatnya verbal[15]
seperti menulis, membaca, makan, dan sebagainya. Seseorang yang megalami
gangguan pada otak kirinya maka akan kesulitan untuk makan, demikian pula orang
yang mengalami gangguan otak kanannya akan kesulitan untuk menjelaskan dan
menggambarkan sesuatu.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
·
kecerdasan otak
adalah kemampuan otak dalam hal merasa, mengingat dan berfikir untuk mengenali pengalaman yang dihadapi dan belajar dari
setiap pengalaman yang telah dihadapi agar dapat menyesuaikan diri dengan
lingkungan.
·
Otak mempunyai lima bagian utama, yaitu: otak besar (serebrum),
otak tengah (mesensefalon), otak kecil (serebelum), sumsum sambung (medulla
oblongata), dan jembatan varol.
·
Pada dasarnya
otak terbagi menjadi dua bagian, yaitu otak kiri (left hemisphere) dan otak
kanan (right hemisphere). Otak kiri cenderung memeperhatikan hal-hal yang
sifatnya verbal, sedangkan otak kanan cenderung memperhatikan hal-hal yang
sifatnya non-verbal. Kedua belahan otak tersebut akan bekerja secara
bersama-sama, meskipun volumenya berbeda. Apabila otak kiri lebih dominan, maka
otak kanan akan lambat bekerja, demikian pula sebaliknya.
DAFTAR PUSTAKA
-
Idris, M. Kamus MIPA. Jakarta: Ar-ruzz Media. 2010.
-
Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar.
Bandung: Sinar Baru Algesindo.
-
Soemanto, Wasty. Psikologi Pendidikan. Jakarta:
Pt. Rineka Cipta. 2010.
-
http://adityaputra1629.blogspot.com/2011/11/otak-kanan-dan-kiri.html.
[1]
Drs. Wasty Soemanto, M.Pd., Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pt.
Rineka Cipta. 2010. Hal. 141.
[2] M
Idris, Kamus MIPA. Jakarta:
Ar-ruzz Media. 2010. Hal. 402.
[3]
http://www.scribd.com/doc/6224803/makalah-tentang-otak-dr-Liza-Pasca-Sarjana-STAIN-Cirebon
[4] http://mamusumberjati.blogspot.com/2010/05/belahan-belahan-otak-hemisphere-dan.html
[5]
http://bebas.ui.ac.id/v12/sponsor/Sponsor-Pendamping/Praweda/Biologi/0085%20Bio%202-9d.htm
[6]
Korteks berarti lapisan luar suatu organ. M Idris, Kamus MIPA. Jakarta: Ar-ruzz Media. 2010. Hal.
378.
[7] http://bebas.ui.ac.id/v12/sponsor/Sponsor-Pendamping/Praweda/Biologi/0085%20Bio%202-9d.htm
[8]
Ibid.
[9]
Ibid.
[10]
Ibid.
[11]
Ibid.
[12] http://mamusumberjati.blogspot.com/2010/05/belahan-belahan-otak-hemisphere-dan.html
[13]
Ibid.
[14] http://adityaputra1629.blogspot.com/2011/11/otak-kanan-dan-kiri.html.
[15] http://mamusumberjati.blogspot.com/2010/05/belahan-belahan-otak-hemisphere-dan.html
Musik Aktivasi Otak Kanan adalah terobosan terbaru terapi untuk gelombang otak manusia. Musik Aktivasi Otak Kanan ini sangat efektif untuk mengaktivasi dan mengoptimalkan kerja otak kanan Anda. Sehingga Anda bisa lebih kreatif, inovatif, intuitif,dan memiliki kepribadian dan mental yang tangguh untuk sukses.
BalasHapusPaket Lengkap Musik Aktivasi Otak Kanan
Cara Meningkatkan Kecerdasan |daya ingat|fokus|dari anak sampai orang dewasa
BalasHapusKecerdasan otak anak dan, konsentrasi, daya ingat anak kreativitas alangkah bagusnya mulai dini di perhatikan dengan teknologi Terapi cara ini sangat efektif dan muda di gunakan pada anak-anak,Seperti kita ketahui, otak selalu berubah frekwensinya sesuai aktivitas fisik dan pikiran. Jadi ketika anak anda melakukan aktivitas tertentu, otak juga pada frekwensi gelombang tertentu pula. Metode ini Terapi Gelombang otak. klik nama Gelombang otak akan menuju ke TOKO ROMANTIS
Bantu buat Kartu Kredit dengan beragam fasilitas dan diskon, free iuran tahun pertama di manapun anda berada di seluruh pelosok nusantara Kartu Kredit BNI, adalah Kartu Kredit BNI MasterCard dan BNI VISA, baik Kartu Biru, Emas
BalasHapusmaupun Platinum berikut Kartu Tambahannya.
100% berkas aman cukup fc ktp.slip
gaji/skp kartu kredit npwp
khusus karyawan gaji min 3 jt perbulan.owner lampirkan fc ktp siup dan npwp bila memiliki kartu kredit bisa dilampirkan
proses maks 10 hari kerja.Diskon 15% untuk makanan dan minuman dengan minimum transaksi Rp 150.000,- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,-.
Diskon 20% untuk menu makanan Hot Kitchen (tidak termasuk Toast/Honey Toast/Beverage) dengan minimum transaksi Rp 150.000.- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,- (sebelum diskon, pajak dan servis).
Garuda Indonesia Travel Fair 2014, bekerja sama dengan Garuda Indonesia, one stop shopping untuk paket wisata Anda dengan harga spesial menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit BNI.
Diskon cicilan 0% selama 3 & 6 bulan atau cicilan bunga ringan 0,8% selama 9 & 12 bulan dengan transaksi minimum Rp 1.000.000,-
Hemat hingga 50% atau maksimum Rp 1.000.000,- berminat hubungi
chairul sarto utomo via sms telp
PIN 7EA8D6FD TELP 088215334251. 085600125176 alamat kantor RUKO GALAKSI ARTERI SOEKARNO HATTA SEMARANG, LUAR KOTA SEMARANG BERKAS BISA DIKIRIM VIA EMAIL DI rooly88@gmail.com,