KECERDASAN OTAK


BAB II
KECERDASAN OTAK
A.    Pengertian Kecerdasan Otak
Kecerdasan atau inteligensi, dalam bahasa inggris disebut dengan intelligence. Banyak definisi tentang inteligensi telah dikemukakan oleh para ahli, namun kami hanya akan mengemukakan beberapa diantaranya[1].
1.      Inteligensi menurut Super dan Cites
Super dan Cites mengemukakan suatu definisi yang sering dipakai oleh sementara orang sebagai berikut:
“intelligence has frequently been defined as the ability to adjust to the environment or to learn from experience.”
Inteligensi telah sering didefinisikan sebagai kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan atau belajar dari pengalaman.
Super dan Cites mendefinisikan inteligensi dengan menempatkan manusia sebagai makhluk sosial. Hidup manusia dituntut untuk melakukan interaksi dengan sesama manusia, sebagai proses sosial. Maka dari itu manusia harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan demi kelestarian hidupnya. Hidup manusia bukan hanya untuk kelestarian pertumbuhan. Tetapi juga untuk perkembangan pribadinya. Untuk itu manusia harus belajar dari pengalamannya.
2.      Inteligensi menurut Garrett
Dari definisi di atas menurut Garrett dipandang sebagai definisi yang kurang tepat, sebab definisi tersebut terlalu luas. Oleh karena itu, Garrett mengemukakan definisi inteligensi yang lebih oprasional, yaitu:
“intelligence includes at least the abilities demanded in the solution of problems which require the comprehension and of symbols.”
Inteligensi itu setidak-tidaknya mencakup kemampuan-kemampuan yang diperlukkan untuk pemecahan msalah-masalah yang memerlukan pengertian serta menggunakan symbol-simbol.
Perjalanan kehidupan manusia selalu dihadapkan dengan permsalahan-permasalahan, baik itu rumit maupun mudah. Pada setiap permasalahan yang dihadapi, manusia harus memiliki pemecahannya agar manusia memperoleh keseimbangan dalam hidup. Oleh karena itu, manusia memerlukan kemampuan-kemampuan memecahkan permasalahan dengan menggunakan pengertian serta symbol-simbol.
3.      Inteligensi menurut Bischof
Jika Garrett mendefinisikan dengan oprasional, Bischof merumuskan inteligensi dengan definisi yang lebih luwes, yaitu:
“Intelligence is the ability to slove problems of all kinds.”
Inteligensi ialah kemampuan untuk memecahkan segala jenis masalah.
4.      Inteligensi menurut Heidenrich
“Intelligence refers to the ability to learn and to utilize what has been learned in adjusting to unfamiliar situations, or in the solving of problems.”
Inteligensi menyangkut kemampuan untuk belajar dan menggunakan apa yang telah dipelajari dalam usaha penyesuaian terhadap situasi-situasi yang kurangdikenal, atau dala pemecahan masalah-msalah.
Manusia yang belajar sering dihadapkan pada situasi-situasi baru serta permasalahan. Dari itu manusia memerlukan kemampuan individu yang belajar dari pengalaman untuk menyesuaikan diri serta memecahkan setiap permasalahan yang dihadapi.

Kemudian mengenai otak. Otak merupakan benda berwarna putih lunak yang terdapat di dalam rongga tengkorak yang menjadi pusat saraf[2]. Otak adalah jaringan yang mmpu mengkoordinasikan seluruh yang terjadi di dalam tubuh kita, kepribadian, metabolisme, tekanan darah, emosi, hormon, serta ingatan[3]. Otak manusia adalah satu alat di dalam tubuh, yang disamping berfungsi menerima kenyataan dari segala peristiwa dan keadaan di luar badan, juga digunakan untuk: mengingat apa yang pernah dialami, berpikir, merasa, berbicara, menulis, bermain musik, menggambar, bermimpi, mencintai dan menderita[4].
Jadi kecerdasan otak adalah kemampuan otak dalam hal merasa, mengingat dan berfikir untuk mengenali pengalaman yang dihadapi dan belajar dari setiap pengalaman yang telah dihadapi agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.

B.     Lima Bagian utama Otak Manusia
Otak mempunyai lima bagian utama, yaitu: otak besar (serebrum), otak tengah (mesensefalon), otak kecil (serebelum), sumsum sambung (medulla oblongata), dan jembatan varol. Kelima bagian otak akan kami paparkan sebagai berikut:
1.     Otak besar (serebrum)
Otak besar mempunyai fungsi dalam pengaturan semua aktifitas mental, yaitu yang berkaitan dengan kepandaian (intelegensi), ingatan (memori), kesadaran, dan pertimbangan[5].
Otak besar merupakan sumber dari semua kegiatan/gerakan sadar atau sesuai dengan kehendak, walaupun ada juga beberapa gerakan refleks otak. Pada bagian korteks[6] serebrum yang berwarna kelabu terdapat bagian penerima rangsang (area sensor) yang terletak di sebelah belakang area motor yang berfungsi mengatur gerakan sadar atau merespon rangsangan. Selain itu terdapat area asosiasi yang menghubungkan area motor dan sensorik. Area ini berperan dalam proses belajar, menyimpan ingatan, membuat kesimpulan, dan belajar berbagai bahasa. Di sekitar kedua area tersebut adalah bagian yang mengatur kegiatan psikologi yang lebih tinggi[7]. Misalnya bagian depan merupakan pusat proses berfikir (yaitu mengingat, analisis, berbicara, kreativitas) dan emosi. Pusat penglihatan terdapat di bagian belakang.
2.    Otak tengah (mesensefalon)
Otak tengah terletak di depan otak kecil dan jembatan varol. Di depan otak tengah terdapat talamus dan kelenjar hipofisis yang mengatur kerja kelenjar-kelenjar endokrin. Bagian atas (dorsal) otak tengah merupakan lobus optikus yang mengatur refleks mata seperti penyempitan pupil mata, dan juga merupakan pusat pendengaran[8].
3.    Otak kecil (serebelum)
Serebelum mempunyai fungsi utama dalam koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar, keseimbangan, dan posisi tubuh. Bila ada rangsangan yang merugikan atau berbahaya maka gerakan sadar yang normal tidak mungkin dilaksanakan[9].
4.    Jembatan varol (pons varoli)
Jembatan varol berisi serabut saraf yang menghubungkan otak kecil bagian kiri dan kanan, juga menghubungkan otak besar dan sumsum tulang belakang[10].
5.    Sumsum sambung (medulla oblongata)
Sumsum sambung berfungsi menghantar impuls yang datang dari medula spinalis menuju ke otak. Sumsum sambung juga mempengaruhi jembatan, refleks fisiologi seperti detak jantung, tekanan darah, volume dan kecepatan respirasi, gerak alat pencernaan, dan sekresi kelenjar pencernaan[11].

C.    BELAHAN-BELAHAN OTAK
Otak manusia mengandung tidak kurang dari 1011 neuron (sel otak)[12]. otak manusia akan senantiasa berkembang berikut sel-selnya sebelum seseorang berusia 50 tahun, dan pada usia tersebut sel otak tidak berkembang lagi. Semakin sering otak bekerja, maka semakin cepat pula pertumbuhan selnya secara normal otak manusia memilki berat 1500 gram dan merupakan terbesar dari semua otak makhluk hidup[13].
Roger W. Sperry, berdasarkan penelitiannya menemukan bahwa otak manusia memiliki pengkhususan fungsi pada belahan otak kanan dan kiri, sehingga menyebabkan masing-masing otak mempunyai tugas yang berbeda satu sama lainnya[14]. Perbedaan fungsi kedua belahan otak atau hemisfer tersebut dapat dilihat di bawah ini:
1.      Hemisfer Kiri
Ø  lebih mempunyai representasi-representasisensoris dan motoris.
Ø  lebih bisa mengolah informasi temporal (informasi mengenai jangka waktu, yang berhubungan dengan tekanan dan penghentian) dan dengan ini ia lebih canggih dalam penangkapan pola-pola bicara.
Ø  Dalam hal pengaturan waktu, member urutan pada sesuatu dan soal-soal pembagian, hemisfer kiri mengambil peran lebih besar.
Ø  bekerja lebih analitis, lebih memperhatikan detail.
Ø  bereaksi kepada penjelasan dan instruksi verbal.
Ø  kurang mahir dalam hal menangkap bahasa gerak.
Ø  lebih suka berbicara dan menulis.
Ø  mencoba secara sistematis dan terkendali.
Ø  perasaan terkendali.
Ø  lebih suka memakai logika dalam menyelesaikan masalah.

2.       Hemisfer Kanan
Ø  lebih luas asosiasi visualnya.
Ø   berfungsi untuk penyadaran dan pengenalan pola-pola. Di bidang auditif, ini berarti penyadaran dan pengenalan polapola nada, misalnya mengenal pola music.
Ø  berperan penting dalam mengenal gambar, membayangkannya secara mental, juga mengolahnya di ruang
Ø  mempunyai konsentrasi noradrenalin yang dapat mempengaruhi pengarahan perhatian dan serotonin lebih besar yang berperan aktif dalam menentang depresi dan perasaan takut.
Ø  memberi reaksi terhadap contoh, ilustrasi, dan symbol.
Ø  simbol dan bentuk dipakai untuk menata logika.
Ø  melukis dan mengatur benda.
Ø  mencoba secara acak dan longgar.
Ø  bebas/ spontan dengan perasaan.
Ø   mahir mengerti symbol.
Ø  intuisi dipakai untuk menyelesaikan masalah.
Selain perbedaan fungsi otak diatas, terdapat pula perbedaan fungsi otak kiri untuk mengontrol bagian badan sebelah kanan, sementara otak kanan berfungsi menguntrol bagian badan sebelah kiri. Akan tetapi tidak ada jaminan adanya ksamaan antara kedua bagian otak tersebut dalam menangkap dan mentransformasikan sebuah informasi. Otak kanan akan lebih dominan ketimbang otak kiri dalam mentransformasikan informasi yang sifatnya non verbal, seperti perhatian, persepsi, dan pengertian. Otak kiri akan lebih dominan dalam mentransformasikan informasi yang sifatnya verbal[15] seperti menulis, membaca, makan, dan sebagainya. Seseorang yang megalami gangguan pada otak kirinya maka akan kesulitan untuk makan, demikian pula orang yang mengalami gangguan otak kanannya akan kesulitan untuk menjelaskan dan menggambarkan sesuatu.











BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
·         kecerdasan otak adalah kemampuan otak dalam hal merasa, mengingat dan berfikir untuk mengenali pengalaman yang dihadapi dan belajar dari setiap pengalaman yang telah dihadapi agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.
·         Otak mempunyai lima bagian utama, yaitu: otak besar (serebrum), otak tengah (mesensefalon), otak kecil (serebelum), sumsum sambung (medulla oblongata), dan jembatan varol.
·         Pada dasarnya otak terbagi menjadi dua bagian, yaitu otak kiri (left hemisphere) dan otak kanan (right hemisphere). Otak kiri cenderung memeperhatikan hal-hal yang sifatnya verbal, sedangkan otak kanan cenderung memperhatikan hal-hal yang sifatnya non-verbal. Kedua belahan otak tersebut akan bekerja secara bersama-sama, meskipun volumenya berbeda. Apabila otak kiri lebih dominan, maka otak kanan akan lambat bekerja, demikian pula sebaliknya.



                                           






DAFTAR PUSTAKA
-          Idris, M. Kamus MIPA. Jakarta: Ar-ruzz Media. 2010.
-          Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
-          Soemanto, Wasty. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pt. Rineka Cipta. 2010.
-          http://adityaputra1629.blogspot.com/2011/11/otak-kanan-dan-kiri.html.


[1] Drs. Wasty Soemanto, M.Pd., Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pt. Rineka Cipta. 2010. Hal. 141.

[2] M Idris, Kamus MIPA. Jakarta: Ar-ruzz Media. 2010. Hal. 402.
[3] http://www.scribd.com/doc/6224803/makalah-tentang-otak-dr-Liza-Pasca-Sarjana-STAIN-Cirebon
[4] http://mamusumberjati.blogspot.com/2010/05/belahan-belahan-otak-hemisphere-dan.html
[5] http://bebas.ui.ac.id/v12/sponsor/Sponsor-Pendamping/Praweda/Biologi/0085%20Bio%202-9d.htm
[6] Korteks berarti lapisan luar suatu organ. M Idris, Kamus MIPA. Jakarta: Ar-ruzz Media. 2010. Hal. 378.
[7] http://bebas.ui.ac.id/v12/sponsor/Sponsor-Pendamping/Praweda/Biologi/0085%20Bio%202-9d.htm
[8] Ibid.
[9] Ibid.
[10] Ibid.
[11] Ibid.
[12] http://mamusumberjati.blogspot.com/2010/05/belahan-belahan-otak-hemisphere-dan.html
[13] Ibid.
[14] http://adityaputra1629.blogspot.com/2011/11/otak-kanan-dan-kiri.html.

[15] http://mamusumberjati.blogspot.com/2010/05/belahan-belahan-otak-hemisphere-dan.html

3 komentar:

  1. Musik Aktivasi Otak Kanan adalah terobosan terbaru terapi untuk gelombang otak manusia. Musik Aktivasi Otak Kanan ini sangat efektif untuk mengaktivasi dan mengoptimalkan kerja otak kanan Anda. Sehingga Anda bisa lebih kreatif, inovatif, intuitif,dan memiliki kepribadian dan mental yang tangguh untuk sukses.
    Paket Lengkap Musik Aktivasi Otak Kanan

    BalasHapus
  2. Cara Meningkatkan Kecerdasan |daya ingat|fokus|dari anak sampai orang dewasa
    Kecerdasan otak anak dan, konsentrasi, daya ingat anak kreativitas alangkah bagusnya mulai dini di perhatikan dengan teknologi Terapi cara ini sangat efektif dan muda di gunakan pada anak-anak,Seperti kita ketahui, otak selalu berubah frekwensinya sesuai aktivitas fisik dan pikiran. Jadi ketika anak anda melakukan aktivitas tertentu, otak juga pada frekwensi gelombang tertentu pula. Metode ini Terapi Gelombang otak. klik nama Gelombang otak akan menuju ke TOKO ROMANTIS

    BalasHapus
  3. Bantu buat Kartu Kredit dengan beragam fasilitas dan diskon, free iuran tahun pertama di manapun anda berada di seluruh pelosok nusantara Kartu Kredit BNI, adalah Kartu Kredit BNI MasterCard dan BNI VISA, baik Kartu Biru, Emas
    maupun Platinum berikut Kartu Tambahannya.
    100% berkas aman cukup fc ktp.slip
    gaji/skp kartu kredit npwp
    khusus karyawan gaji min 3 jt perbulan.owner lampirkan fc ktp siup dan npwp bila memiliki kartu kredit bisa dilampirkan
    proses maks 10 hari kerja.Diskon 15% untuk makanan dan minuman dengan minimum transaksi Rp 150.000,- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,-.
    Diskon 20% untuk menu makanan Hot Kitchen (tidak termasuk Toast/Honey Toast/Beverage) dengan minimum transaksi Rp 150.000.- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,- (sebelum diskon, pajak dan servis).
    Garuda Indonesia Travel Fair 2014, bekerja sama dengan Garuda Indonesia, one stop shopping untuk paket wisata Anda dengan harga spesial menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit BNI.
    Diskon cicilan 0% selama 3 & 6 bulan atau cicilan bunga ringan 0,8% selama 9 & 12 bulan dengan transaksi minimum Rp 1.000.000,-
    Hemat hingga 50% atau maksimum Rp 1.000.000,- berminat hubungi
    chairul sarto utomo via sms telp
    PIN 7EA8D6FD TELP 088215334251. 085600125176 alamat kantor RUKO GALAKSI ARTERI SOEKARNO HATTA SEMARANG, LUAR KOTA SEMARANG BERKAS BISA DIKIRIM VIA EMAIL DI rooly88@gmail.com,

    BalasHapus